VIDEO YAYASAN PANDAAN

Minggu, 22 Januari 2012

RUANG LINGKUP YAYASAN PANDAAN

YAYASAN PENDIDIKAN SEKOLAH LANJUTAN PANDAAN 
SMP-SMA-STM-SMEA
YAYASAN PANDAAN



SMP YAYASAN PANDAAN
Jl Pahlawan sunaryo 
kepala sekolah: 
wakil kepsek   :
BAB I
PENDAHULUAN

A. Rasionalisasi
Dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, pembelajaran diperlukan suatu acuan sebagai pedoman operasional yang berupa kurikulum untuk mencapai tujuan pendidikan, pembelajaran atau setidak-tidaknya Kompetensi lulusan peserta didik yang diinginkan. Oleh karena itu SMP Yayasan Pandaan dalam melaksanakan kegiatan pendidikan perlu membuat Kurikulum Tingkat Satuan Pedidikan sebagai pedoman peyelenggaraan pendidikan di SMP Yayasan Pandaan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP Yayasan Pandaan adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagi pedoman yang digunakan sebagai pedoman penyelenggeraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di SMP Yayasan Pandaan, yaitu yang meliputi tujuan pendidikan nasional, kesesuaian dengan kekhasan, kondisi, dan potensi daerah Kabupaten Pasuruan dan warga sekolah SMP Yayasan Pandaan. Oleh karena itu Kurikulum ini disusun dan dikembangka berdasarkan program pendidikan nasional dan sesuai dengan kebutuhan an potensi yang adadi daerah.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini dikembangkan mengacu pada standar nasional pendidikan. Hal ini untuk menjamin tercapainya tujuan pendidikan nasional . Sandar nasional pendidikan terdiri dari atasstandar isi , standar proses, standar kompetensi Lulusan, tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu standar isi dan standar kompetensi lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi SMP Yayasan Pandaan dalam mengembangkan Kuriklum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).


RENCANA TINDAKAN (ACTION PLAN)
PROGRAM KERJA PELAJARAN 2007/2008
NAMA SEKOLAH : SMP YAYASAN PANDAAN
KECAMATAN : PANDAAN
KABUPATEN : PASURUAN

D. Tujuan Pengembangan KTSP
Tujuan penyusunan dan pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP Yayasan Pandaan adalah untuk menjadi pedoman bagi guru SMP Yayasan Pandaan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam upaya untuk mencapai kompetensi dan tujuan yang ditetapkan di SMP Yayasan Pandaan, dengan memberi
kesempatan pada siswa untuk :
1. Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Belajar untuk memahami dan menghayai
3. Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif
4. Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain
5. Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang efektif, kreatif, aktif, dan menyenangkan.


BAB II
TUJUAN PENIDIKAN SMP YAYASAN PANDAAN

Tujuan pendidikan SMP Yayasan Pandaan yang merupakan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar, kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

A. Tujuan Pendidikan
1. Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan Pendidikan Nasional tertuang dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang :
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
- Beraklak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan
- Menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab

2. Tujuan Pendidikan Dasar
Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah.
Pendidikan dasar berbentuk sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat serta sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah tsanawiyah (MTs), atau bentuk lain yang sederajat.

B. Visi Sekolah
Visi SMP Yayasan Pandaan :
“Unggul dalam prestasi serta prima dalam semua segi layanan”
Indikatornya adalah :
1. Peningkatan Nilai Ujian Nasional
2. KBM berjalan Efektif dan Efisien
3. Peningkatan disiplin semua warga sekolah
4. Sarana prasarana Pendidikan selalu dalam kondisi siap pakai
5. Peningkatan Pelayanan disegala bidang

C. Misi Sekolah
Misi SMP Yayasan Pandaan :
1. Melaksanakan PIB khusus kelas III secara terprogram.
2. Mengoptimalkan pembelajaran dan bimbingan sehingga KBM efektif.
3. Mensosialisasikan tata tertib sekolah kepada semua warga sekolah.
4. Menyusun program perawatan preventif sarana prasarana pendidikan.
5. Mengadakan pembinaan guru, pegawai secara terprogram.


BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Merujuk pada Permandiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
1. Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja.
2. Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
3. Menunjukkan sikap percaya sendiri.
4. Mematuhi aturan-aturan sosial yang erlaku dalam lingkungan yang lebih luas.
5. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, an golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional.
6. Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif.
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif.
8. Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimiliki.
9. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
10. Mendiskripsi gejala alam dan sosial.
11. Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
12. Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, bebangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan RepublikmIndonesia.
13. Menghargai karya seni dan budaya nasional.
14. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya.
15. Menerapkan hidup bersih , sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang.
16. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun.
17. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
18. Menghargai adanya perbedaan pendapat.
19. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana.
20. Menunjukkan ketrampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sederhana.
21. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah.


B. Struktur Kurikulum
1. Mata Pelajaran
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006 Standar Isi meliputi lima kelompok mata pelajaran,yaitu
- Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
- Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan kepribadian
- Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
- Kelopok mata pelajaran estetika
- Keompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan
Berdasarkan kondisi obyektif struktur kurikulum SMP Yayasan Pandaan adalah sebagai berikut :
KOMPONEN
KELAS DAN ALOKASI WAKTU
VII
VIII
IX
A. Mata Pelajaran:
     Pendidikan Agama
     Pendidikan Kewarganegaraan
     Bahasa Indonesia
     Bahasa Inggris
     Matematika
     Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
     Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS)
     Seni Budaya
     Pendidikan Jasmani, Olah raga dan Kesehatan
     keterampilan/Teknologi Informatika
     Muatan Lokal
     Bahasa Daerah
     Tata Busana
     Baca Tulis Qur’an (BTQ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar